Reviewmu.com

Monday, April 6, 2009

Petilasan Simbah Bergas


Ini adalah salah satu petilasan yang diyakini sebagai tinggalan dari Simbah Bergas, Pohon Beringin, menandakan kemakmuran dan juga kerukunan warga Dusun Ngino.
Pohon yang ada di foto ini merupakan generasi ke III setelah terakhir sekitar tahun 1997 pohon yang menjulang tinggi di tengah-tengah kampung ini mengalami kebakaran hebat yang menghabiskan sampai ke akar-akarnya.
Tempat ini juga sampai sekarang masih digunakan sebagai tempat ritual oleh beberapa warga yang menjalankan keyakinan terhadap nenek moyang. Setiap malam selasa kliwon dan jumat kliwon tempat ini rame dikunjungi orang yang hendak zairah dan bermeditasi mendekatkan diri dengan alam.
Selain itu, warga Ngino khususnya masih meyakini tempat ini sebagai tempat yang keramat, sehingga setiap ada upacara pernikahan yang mana mempelai berasal dari wilayah Ngino dan sekitarnya selalu melaksanakan upacara adat ditempat ini dengan melakukan kirab mengelilingi pohon tersebut. Hal ini juga merupakan pernyataan diri kedua mempelai di depan warga sehingga mereka mendapat restu dari nenek moyang dan juga warga sekitar.

No comments:

Post a Comment